Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Perjalanan Job Hunting Yusuke: Dari 40 Perusahaan ke 1 Tawaran Kerja

August 20, 2024

by Fahma Ainurrizka

Kali ini, kita bakal mengikuti perjalanan Yusuke dalam mencari kerja di Jepang–setelah dua tahun fokus bikin konten YouTube. Setelah melewati ketatnya proses seleksi di 40 perusahaan dan menghadapi berbagai halang-rintang, Yusuke akhirnya berhasil mencapai wawancara akhir di enam perusahaan. Yuk, kita simak perjalanan job hunting Yusuke!

Perjuangan Yusuke dalam Mencari Kerja: Daftar ke 40 Perusahaan | Sumber: YouTube/SKZK_YUSUKE

Ohayou, Konnichiwa, Konbanwa!

Kita bakal denger cerita seru dari Yusuke tentang perjalanan job huntingnya. Setelah melewati berbagai tantangan dan proses seleksi yang bikin deg-degan, Yusuke akhirnya sampai di akhir tahap proses rekrutmen. Yup, tawaran kerja alias job offering!

Jadi, kalau kamu penasaran gimana perjuangan Yusuke dalam melewati seleksi di 40 perusahaan dan wawancara yang kadang terasa melelahkan, yuk, simak cerita lengkapnya!

Kita bakal bahas detail seru dari proses pencarian kerjanya, mulai dari tantangan yang dihadapi hingga momen-momen penting yang bikin semangat Yusuke nggak pernah luntur. Yuk, simak!

Pengalaman Yusuke Cari Kerja di Jepang: Telat 3 Tahun

Perjuangan Yusuke dalam Mencari Kerja: Daftar ke 40 Perusahaan | Sumber: YouTube/SKZK_YUSUKE

Yusuke dalam video YouTube-nya, tengah merayakan pencapaian kecil dalam pencarian kerjanya yang panjang dan melelahkan.

“Job hunting hampir selesai. Aku udah apply ke 40 perusahaan, tapi akhirnya baru satu (perusahaan) yang menerima aku,” ungkapnya. 

Yusuke mengakui kalau proses ini benar-benar menantang, terutama setelah ia menyebar CV ke berbagai perusahaan, mulai dari F&B, IT, kartu kredit, sampai perusahaan properti pun tak luput ia lamar juga.

Ia menjelaskan alasannya, “Soalnya aku telat 3 tahun. Biasanya kalau udah lulus, langsung bisa kerja, tapi setelah aku lulus, aku malah fokus ke YouTube selama dua tahun. Jadi agak telat dibandingkan mahasiswa yang langsung masuk dunia kerja. Agak kurang menguntungkan, sih, tapi aku tetap semangat. Tiap hari aku daftar banyak, ikut wawancara, dan FGD.”

Kapan Yusuke Mulai Kerja?

Perjuangan Yusuke dalam Mencari Kerja: Daftar ke 40 Perusahaan | Sumber: YouTube/SKZK_YUSUKE

“Jadi perusahaan yang aku udah diterima itu adalah perusahaan IT. Aku rencananya bakal mulai kerja di sana sekitar bulan April 2025,” ungkapnya. 

Untuk merayakan pencapaiannya, Yusuke mengadakan perayaan kecil untuk dirinya sendiri. “Hari ini aku bikin perayaan untuk diri sendiri. Aku makan pizza, takoyaki, kimbap Jepang, kentang goreng, dan berbagai snacks, ditambah orange juice,” tambahnya sambil tersenyum lebar. Perayaan ini adalah bentuk penghargaan untuk usaha dan ketekunan yang telah dia lakukan selama ini.

Yup, bagi banyak orang, proses mencari pekerjaan bisa memakan waktu, terutama jika melibatkan switch career atau transisi dari pekerjaan sebelumnya. Yusuke, yang sebelumnya fokus pada projek di YouTube, harus memulai semuanya dari nol di Jepang.

Yusuke Lolos di 6 Wawancara Perusahaan

Perjuangan Yusuke dalam Mencari Kerja: Daftar ke 40 Perusahaan | Sumber: YouTube/SKZK_YUSUKE

“Jadi, aku udah apply ke 40 perusahaan,” katanya. 

Di tahap awal, Yusuke harus menghadapi kenyataan pahit. “Aku gagal di 26 perusahaan di tahap pertama. Jadi, cuma sekitar 30%-40% yang lolos ke tahap kedua. Itu, sih, yang paling susah, apalagi aku telat 2-3 tahun setelah lulus,” jelasnya.

Keterlambatan ini bikin proses seleksi jadi lebih berat. Beberapa perusahaan bahkan bilang, “Kamu udah telat 2 tahun, jadi di tahap pertama aja udah ditolak.”

Tapi perjuangan Yusuke nggak sia-sia. Dari 40 perusahaan yang dia apply, Yusuke berhasil lolos ke wawancara akhir di 6 perusahaan. 

“Dari enam perusahaan itu, satu udah dapat tawaran kerja. Dua ditolak, dan tiga lagi masih nunggu hasil,” ceritanya. 

“Biasanya, keputusan akhir diumumkan dalam 1-3 hari setelah wawancara, jadi aku masih nunggu kabar. Kalau belum ditelpon, mungkin berarti aku gagal,” tambahnya.

Dukungan dari Fans

Perjuangan Yusuke dalam Mencari Kerja: Daftar ke 40 Perusahaan | Sumber: YouTube/SKZK_YUSUKE

Selama job hunting, Yusuke dapat banyak dukungan dari teman-teman di Instagram. “Komentar dan dukungan mereka bikin aku tetap semangat dan fokus,” katanya. 

Walaupun hasilnya nggak sepenuhnya memuaskan, Yusuke tetap optimis dengan rencana ke depan.

Yusuke akan mulai kerja di perusahaan IT pada April 2025. “Meski nggak puas sepenuhnya, aku bakal terus belajar dan skill up di tempat kerja baru. Nanti, aku juga bakal cari peluang di perusahaan lain setelah dapet pengalaman lebih,” jelasnya.

Selain job hunting, sambil menunggu memulai kerja, Yusuke juga fokus untuk persiapan TOEIC buat improve bahasa Inggrisnya. “Aku juga tetap bikin konten YouTube di sela-sela job seeking,” tambahnya.

Di video terbarunya, Yusuke juga bikin sesi Q&A, ngobrolin tontonan favorit dari anime sampai film, dan jawab pertanyaan kapan dia akan ketemu lagi dengan Waseda Boys dan balik ke Indonesia. 

Yuk, tonton video hasil job hunting, life update, dan Q&A Yusuke di sini buat tahu lebih banyak tentang kesukaan dan rencana Yusuke ke depannya!

Tonton di sini!

Wah, pengalaman Yusuke dalam job seeking ini bikin kita bisa belajar banyak tentang semangat dan konsistensi. Jadi, jangan pernah menyerah, ya, buat kamu yang mungkin sedang mencari kerja! 

Semoga perjalanan Yusuke bisa jadi inspirasi dan semangat buat kita semua!

Media Sosial Yusuke Sakazaki

Biar kamu nggak ketinggalan update terbaru seputar aktivitas dan pengalaman seru Yusuke, jangan lupa untuk mengikuti akun media sosialnya di bawah ini, ya!

Recent Posts

5 Snack Musim Panas Populer di Jepang yang Harus Kamu Coba

5 Snack Musim Panas Populer di Jepang yang Harus Kamu Coba

Musim panas di Jepang selalu identik dengan festival meriah dan berbagai cemilan camilan khasnya. Kalau kamu ingin merasakan suasana musim panas Jepang tanpa harus bepergian ke sana, kamu bisa mencoba beberapa snack khas yang bisa membawamu sejenak ke negeri Sakura. Erika berbagi rekomendasi cemilan musim panas yang unik dari Jepang. Dari gummy berbentuk awan yang manis hingga puding bening yang viral di Jepang, yuk, simak pilihan snack musim panas ala Erika yang wajib dicoba!

Rekomendasi-Tempat-di-Tokyo-dan-Kyoto-ala-Jerome-Polin-yang-Wajib-Kamu-Kunjungi

Rekomendasi Tempat di Tokyo dan Kyoto ala Jerome Polin yang Wajib Kamu Kunjungi

Siapa, sih, yang nggak suka liburan ke Jepang? Apalagi kalau bisa berlibur bareng keluarga tercinta! Itulah yang dilakukan Jerome Polin saat ia memutuskan memboyong keluarganya untuk menikmati serunya perjalanan ke Jepang. Mulai dari mencicipi berbagai kuliner lezat hingga menikmati indahnya sakura yang sedang mekar, perjalanan Jerome ini penuh keseruan. Penasaran dengan destinasi favoritnya di Tokyo dan Kyoto? Siapa tahu bisa jadi inspirasi itinerary liburan kamu juga. Yuk, simak cerita lengkapnya di sini!

3 Ide Padu Padan Outfit Warna Biru Ala Claresta untuk Berbagai Acara

3 Ide Outfit Biru ala Claresta Dami untuk Berbagai Acara

Warna biru memang memiliki daya tarik yang khas, dan Claresta tahu persis bagaimana memanfaatkannya untuk menciptakan tampilan yang menarik. Claresta membuktikan bahwa biru bukan hanya warna klasik, tetapi juga sangat versatile. Mulai dari kemeja biru cerah yang memberikan kesan fresh dan ceria, hingga outfit semi-formal dengan sentuhan denim yang elegan, Claresta menunjukkan bagaimana warna biru bisa diolah untuk berbagai kesempatan. Yuk, simak lebih lanjut untuk mendapatkan inspirasi padu padan baju biru yang bisa kamu terapkan dalam outfit sehari-hari!