Get In Touch
Menara Caraka, Lantai 12, Jl. Mega Kuningan Barat, Blok E4 7 No. 1, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta 12950
Work Inquiries
partnership@mantappu.com
(+62) 818 0401 3060

Terbesar di ASEAN! Pengalaman Jerhemy Owen Kunjungi PLTS Terapung Cirata

September 4, 2024

by Fahma Ainurrizka

Kali ini, Owen kembali dengan petualangannya menjajaki teknologi hijau di Indonesia—PLTS Terapung Cirata, pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Asia Tenggara dan ketiga terbesar di dunia! Terletak di Waduk Cirata, membentang di antara Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat, PLTS Terapung Cirata bukan hanya soal teknologi mutakhir. Akan tetapi, juga soal komitmen Indonesia untuk menjadi negara yang lebih ramah lingkungan. Yuk, simak perjalanan Owen menjelajahi kompleks green energy ini!

Jerhemy Owen kunjungi PLTS Terapung Cirata | Sumber: YouTube/@JerhemyOwen

Hai, TeMantappu!

Pernahkah kamu membayangkan sebuah pembangkit listrik tenaga surya yang bukan hanya besar, tapi juga mengapung di atas air? Nah, kali ini Owen membawa kita ke salah satu teknologi hijau di Indonesia—PLTS Terapung Cirata! Terletak di Waduk Cirata, membentang di antara Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat, PLTS ini adalah salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Selakigus ketiga terbesar di dunia!

PLTS Terapung Cirata ini punya luas sekitar 200 hektar, yang setara dengan 280 lapangan sepak bola! Bayangkan, ribuan panel surya tersusun rapi di atas permukaan air, menghasilkan listrik sekitar 192 MWp. Cukup untuk menerangi sekitar 50 ribu rumah. Owen, yang kali ini ditemani oleh tim dari PLN Nusantara Power, mengajak kita melihat lebih dekat bagaimana sistem ini bekerja. Secara langsung juga melihat masa depan energi terbarukan di Indonesia. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

PLTS Terapung Cirata: Langkah Besar Menuju Energi Bersih

Jerhemy Owen kunjungi PLTS Terapung Cirata | Sumber: YouTube/@JerhemyOwen

Owen kali ini membawa kita ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata. “Ini adalah langkah besar Indonesia menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan,” kata Owen saat menjelaskan mengenai PLTS Terapung ini. 

Dalam kunjungannya, Owen ditemani oleh PLN Nusantara Power untuk menjelajahi Kompleks Green Energy Cirata. “Luas area PLTS ini mencapai sekitar 200 hektar, kira-kira sebesar 280 lapangan sepak bola,” jelas Owen sambil menunjuk ke arah panel-panel surya yang terapung di atas air. 

Di sini, panel-panel surya disusun rapi menjadi 13 pulau, yang terdiri dari 340 ribu modul surya. “Kalian bisa bayangin nggak, panel-panel ini bisa menghasilkan listrik hingga 192 megawatt-peak (MWP), cukup untuk menyuplai listrik ke sekitar 50 ribu rumah!,” Owen menambahkan. Selain itu, bentangan alam yang hijau dan perairan luas di sekitarnya menjadikan tempat ini bukan hanya sebagai pusat energi, tetapi juga destinasi memanjakan mata.

Owen juga berbincang dengan ahli dari PLN Nusantara Power yang menjelaskan lebih dalam tentang proses operasi dan pemeliharaan PLTS ini. “Panel-panel surya ini dirancang khusus untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan air, dan teknologi yang digunakan juga memungkinkan untuk meminimalisir dampak terhadap ekosistem air di sekitar waduk,” jelas salah satu teknisi. 

Keunggulan PLTS Terapung: Solusi Hemat Lahan

Jerhemy Owen kunjungi PLTS Terapung Cirata | Sumber: YouTube/@JerhemyOwen

Kamu mungkin bertanya-tanya: Kenapa model PLTS Cirata ini dibikin terapung, nggak dibangun di atas tanah? Owen melanjutkan penjelasannya tentang alasan di balik pemilihan teknologi PLTS terapung ini. 

“Salah satu keunggulan utama dari PLTS terapung adalah kemampuannya untuk menghemat lahan daratan. Dengan area seluas 200 hektar lebih, bayangkan saja jika harus membangun PLTS ini di daratan. Lahan yang sangat luas itu pasti akan mengorbankan banyak area yang bisa digunakan untuk keperluan lain seperti pertanian, perkebunan, atau bahkan pemukiman,” ujar Owen mengutip penjelasan Direktur Operasional PLTS Terapung Cirata.

Lebih lanjut, Owen juga menyoroti potensi besar Indonesia dalam pengembangan PLTS terapung, mengingat 70% wilayah negara ini terdiri dari perairan. “Dengan mengembangkan teknologi ini, kita nggak cuma menghemat lahan, tapi juga bisa memperluas kapasitas pembangkit listrik tanpa harus tergantung pada lahan darat yang semakin terbatas,” tambahnya. Owen juga menambahkan kalau teknologi PLTS terapung ini sangat relevan dengan kondisi geografis Indonesia yang kaya akan perairan, menjadikannya solusi ideal untuk memenuhi kebutuhan energi masa depan.

“Ini baru awal dari perjalanan panjang kita menuju energi terbarukan yang berkelanjutan. Semoga ke depan, lebih banyak lagi PLTS terapung yang bisa dibangun di berbagai daerah di Indonesia,” tutup Owen.

Tonton di sini!

Mengakhiri kunjungannya, Owen nggak hanya merasa kagum dengan teknologi yang ada di PLTS Terapung Cirata, tetapi juga merasa optimis dengan masa depan energi bersih di Indonesia. 

“Semoga semakin banyak proyek seperti ini di masa depan, yang nggak cuma bikin Indonesia lebih maju, tapi juga lebih hijau,” ujar Owen penuh harap. 

Jadi, buat kalian yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang inovasi energi terbarukan di Indonesia, pantau terus perjalanan Owen berikutnya. Siapa tahu, ada lagi documentary vlog yang akan dibagikan ke TeMantappu!

Media Sosial Jerhemy Owen

Ingin terus mendapatkan update tentang kegiatan inspiratif dan proyek keren dari Jerhemy Owen? Yuk, follow Jerhemy Owen di media sosialnya untuk melihat berita terbaru, momen-momen seru, dan tips bermanfaat dari aksi lingkungan:

Recent Posts

5 Snack Musim Panas Populer di Jepang yang Harus Kamu Coba

5 Snack Musim Panas Populer di Jepang yang Harus Kamu Coba

Musim panas di Jepang selalu identik dengan festival meriah dan berbagai cemilan camilan khasnya. Kalau kamu ingin merasakan suasana musim panas Jepang tanpa harus bepergian ke sana, kamu bisa mencoba beberapa snack khas yang bisa membawamu sejenak ke negeri Sakura. Erika berbagi rekomendasi cemilan musim panas yang unik dari Jepang. Dari gummy berbentuk awan yang manis hingga puding bening yang viral di Jepang, yuk, simak pilihan snack musim panas ala Erika yang wajib dicoba!

Rekomendasi-Tempat-di-Tokyo-dan-Kyoto-ala-Jerome-Polin-yang-Wajib-Kamu-Kunjungi

Rekomendasi Tempat di Tokyo dan Kyoto ala Jerome Polin yang Wajib Kamu Kunjungi

Siapa, sih, yang nggak suka liburan ke Jepang? Apalagi kalau bisa berlibur bareng keluarga tercinta! Itulah yang dilakukan Jerome Polin saat ia memutuskan memboyong keluarganya untuk menikmati serunya perjalanan ke Jepang. Mulai dari mencicipi berbagai kuliner lezat hingga menikmati indahnya sakura yang sedang mekar, perjalanan Jerome ini penuh keseruan. Penasaran dengan destinasi favoritnya di Tokyo dan Kyoto? Siapa tahu bisa jadi inspirasi itinerary liburan kamu juga. Yuk, simak cerita lengkapnya di sini!

3 Ide Padu Padan Outfit Warna Biru Ala Claresta untuk Berbagai Acara

3 Ide Outfit Biru ala Claresta Dami untuk Berbagai Acara

Warna biru memang memiliki daya tarik yang khas, dan Claresta tahu persis bagaimana memanfaatkannya untuk menciptakan tampilan yang menarik. Claresta membuktikan bahwa biru bukan hanya warna klasik, tetapi juga sangat versatile. Mulai dari kemeja biru cerah yang memberikan kesan fresh dan ceria, hingga outfit semi-formal dengan sentuhan denim yang elegan, Claresta menunjukkan bagaimana warna biru bisa diolah untuk berbagai kesempatan. Yuk, simak lebih lanjut untuk mendapatkan inspirasi padu padan baju biru yang bisa kamu terapkan dalam outfit sehari-hari!